PKBM Lembaga Paud Kursus,TBM,SKB
Sejarah Visi, Misi Dan Tujuan Struktur Organisasi
Penilik, TLD, FDI Tutor PAUD,Kesetaraan, Keaksaraan Instruktur
Kegiatan Kadis/Kabid UN Kesetaraan PAUD Penilik/TLD/FDI Staff PNF

Disini : Anda Akan Mendapatkan Informasi Pendidikan Nonformal ( PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin

Kamis, 22 Juli 2010 | 12.47 | 10 Comments

UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI WARGA SUKU ANAK DALAM (SAD) DI KABUPATEN MERANGIN

Oleh :Drs. SULAIMAN, M. Pd


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin


A. LATAR BELAKANG

Milinium Development Goals (MGDS) atau Tujuan Pembangunan Milinium merupakan komitmen 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Tahun 2000. Secara implisit sudah tertuang dalam Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 31 Tahun 2007 tentang Tata Kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Formal dan Informal dan Program Pemerintah tentang Pendidikan Untuk Semua (PUS).

Sejalan dengan tujuan Milinium Development Goals (MGDS) diatas, Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba semestinya mendapatkan perlakuan pendampingan dan pemberdayaan yang sama dengan masyarakat lain diwilayah Republik Indonesia tercinta ini.


B. TUJUAN

Bidang Pendidikan dalam hal ini Dinas Pendidikan melalui Pemerintah Kabupaten Merangin dibidang pendampingan dan pemberdayaan Suku Anak Dalam (SAD) / Orang Rimba menganggap bahwa Pendidikan menjadi faktor penting dalam upaya menyetarakan dengan warga Merangin lainnya terutama dibidang pencapaian pendidikan dasar, buta huruf dan upaya pemberantasan kemiskinan terutama kemiskinan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta kewirausahaan.

Upaya pembinaan yang dapat dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin bagi warga Suku Anak Dalam (SAD) adalah :

1. Pendidikan Dasar Kesetaraan Paket A dan B

2. Pemberantasan Buta Huruf (KF)

3. Kecakapan Hidup/Kewirausahaan

4. POS PAUD

Secara khusus program yang telah dilaksanakan bagi warga Suku Anak Dalam adalah :

1. Pelayanan PAUD yang terintegrasi di Posyandu dan SPS di Desa Pauh Menang, Desa Sungai Udang dana Pelakar Jaya.

2. Pemberantasan Buta Huruf bagi Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Sungai Kapas.

3. Pendidikan Kesetaraan pola swadana di Desa Simpang Limbur Pamenang Barat

Sedangkan untuk program Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin melalui Dana APBD I dan APBD II insyaallah akan dilaksanakan :

· Pemberantasan Buta Huruf (KF) di Pelakar Jaya 4 Kelompok

· Pemberantasan Buta Huruf (KF) di Sungai Kapas 2 Kelompok

Untuk tahun 2011 Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin merencanakan program bagi Pembinaan Suku Anak Dalam (SAD) yaitu :

· Pemberantasan Buta Huruf 10 Kelompok = 100 Orang

· Program Paket A Kesetaraan 1 Kelompok = 30 Orang

· Posyandu Rintisan di Pelakar Jaya (pancingan) 1 Unit

Pelaksanaan program diatas Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin bermitra dengan Forum PKBM dan Organisasi Mitra lainnya serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang peduli dengan pendidikan.

Upaya peningkatan Sumber Daya Manusia bagi warga SAD ini akan dilaksanakan secara bertahap dan terus menerus dengan memperhatikan peluang ataupun hambatan yang mungkin dilalui.

Peluang pelaksanaan program yaitu :

1. Adanya warga SAD yang mulai/menetap

2. Adanya kerjasama dengan tokoh masyarakat setempat dan warga SAD itu sendiri

Hambatan :

1. Adanya kesulitan dalam memperoleh informasi/data kebutuhan pendidikan

2. Perlu adanya tenaga khusus yang punya komunikasi baik dari warga SAD tersebut sehingga program dapat dilaksanakan secara efektif


C. PENUTUP

Demikian secara umum dapat disampaikan, mudah-mudahan upaya peningkatan Sumber Daya Manusia bagi warga SAD ini dapat menunjang tujuan-tujuan dari Milinium Development Goals dan Tujuan Pendidikan Nasional khususnya bagi warga SAD sehingga dapat hidup setara dengab mayarakat kita penduduk Merangin khususnya.

Tarima kasih.

10 komentar:

tukang sapu radio mengatakan...

wah hesbat nih... suku anak dalam dapet pendidikan dan pembelajaran. Yah semoga saja dengan program ini, kesetaraan hukum bisa diberlakukan....... Saluuuuuuuuuut.

sanganam.com mengatakan...

Yes...... Merangin makin maju nih nampaknya. Mungkin ada baiknya juga statistik peningkatan kecerdasan dan daya serap SAD yang udah didik di tampilin juga di blog ini pak.

optimasi weblog dan search engine mengatakan...

Wah... hambatan pendidikan untuk SAD kok kayak gitu ya? Apa dibutuhkan mediator nih untuk menjembatani komunikasi SAD dengan dinas pendidikan? Ayo... sapa mau jadi mediator? Mungkin ada uang gaji nya lho... soalnya di post ini nggak disebutin bahwa dana adalah hambatan.....

online etalase mengatakan...

Hopefully not just SAD that receive extra attention from you. But this blog is also getting serious attention as well. Pages very good. And I will tell my friends about it

blogdetik.info mengatakan...

Great Post buddy... keep writting and happy blogging

JUST A WORLD mengatakan...

Blogwalking my friends... l hope all of u have nice day.

kere kenal internet mengatakan...

Program ini kan untuk suku anak dalam pak ya? jadi kalo misalnya kere kayak saya bisa dapet pendidikan gratis gak nih? Harapan saya sih... yang beginian gak cuman wacana, tetapi real lapangan memang seperti rencana.

angkat topi nih untuk dinas pendidikan merangin....

belajar seo blog mengatakan...

Yang seperti ini... nih... yang bikin bangsa kita makin maju.... soalnya secara ekonomi, toh suku anak dalam udah mulai menyetarai penduduk yang bermukim nih... mereka sudah mulai naik motor, mengenal dunia komunikasi selluler, dan lain - lain. Jadi dengan mendidik mereka kita berharap tidak ada kesenjangan intelektual lagi antara penduduk bermukim dengan perambah hutan. smoga.

Pendidikan Non Formal Kabupaten Merangin mengatakan...

Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin Akan berusaha untuk menyeratai SAD sama dengan kita semua terutama dalam pendidikan....

Sofya Rahman mengatakan...

dengan adanya program pendidikan pada suku orang riba, proram Dinas Pendidikan Merangin sudah perlu kita respon dengan positif mudahan saja semua warga/masyarakat merangin dapat menempuh pendidikan dan merangin akan makmur selalu, amin.....

Poskan Komentar

Silakan Beri Komentar Anda!!!!

Seluruh Staff PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin Mengucapkan " Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Tahun 1432"
 
Copyright DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN MERANGIN PENDIDIKAN NONFORMAL © 2010 - All right reserved - Desain By : Mohd Khalid