Kelompok bermain ini mempunyai metode pendidikan sistim “Bermain sambil belajar“.
Kelompok bermain ini didirikan dengan maksud untuk membantu anak – anak dari keluarga kurang mampu disekitar lokasi sekolah, dengan harapan bahwa anak – anak tersebut dapat menikmati pendidikan pada usia dini dengan tanpa biaya alias gratis.
Sejalan dengan program pemerintah khususnya dinas pendidikan dan berdasarkan hasil penelitian para disiplin ilmu pendidikan dimana anak – anak usia dini antara 1 – 6 tahun akan memiliki kecenderungan untuk bermain, mengetahui serta ingin mencoba hal – hal yang baru.
Dengan latar belakang tersebut maka disusunlah metode yang tidak hanya memberi bekal pendidikan agama dan akedemis saja, melainkan juga membimbing dan membina anak agar dapat membangun dan menumbuhkan kemampuan IQ ( Kemampuan akal ), EQ ( Kecerdasan Emosi ) dan SQ ( Kecerdasan spiritual ).Sehingga dapat mejadi anak yang mandiri, cerdas, kreatif dan inovatif yang berakhlak mulia.
Kelompok Bermain Harapan Kita mempunyai metode pendidikan dan kurikulum yang telah disusun sendiri dengan memperhatikan batasan – batasan yang tidak menyimpang dari syaria’t. dan juga memenuhi standard kurikulum
A. PROGRAM PENDIDIKAN
Khusus
1. Agama Islam ( Akhlak, ibadah dan aqidah )
2. Mengaji ( metode iqro )
3. Hafalan Do’a dan surah – surah pendek
4. Mengenal huruf Arab dan Latin
Umum
1. Mengenal angka
2. Daya pikir dan kreatifitas
3. Keterampilan
4. Fisik motorik halus dan kasar
B. SISTEM PENDIDIKAN
Setelah metoda pendekatan diterapkan tahap berikutnya adalah metoda pendidikan seperti berikut :
1. TATAP MUKA antara anak didik dan pendidik satu persatu dalam melakukan proses belajar mengajar
2. KELOMPOK proses belajar mengajar dalam bentuk kumpulan anak didik keseluruhan dalam kelas dan dipandu oleh pengajar.
3. PENGAMATAN memastikan pemahaman anak didik apa yang telah disampaikan oleh pengajar
4. PENGENALAN LINGKUNGAN proses belajar yang dilakukan sekali dalam sepekan dalam bentuk bebas sesuai tema dan tetap dalam pengawasan pengajar.
5. PRAKTEK proses belajar dalam bentuk praktek langsung oleh anak didik yang disesuaikan dengan tema misalnya ( Ibadah, tata boga, sains dan pertanian ) dengan panduan pengajar
C. METODE PENGAJARAN
Metode ini disusun secara bertahap dengan maksud untuk memudahkan pembelajaran, dimana anak didik sebagai objek.
Tahap tersebut dibagi 4 bagian :
1. Tahap mengamati
2. Tahap mengenal
3. Tahap mengetahui
4. Tahap mengisi
Dengan metoda ini diharapkan pengajar dapat dengan mudah berinteraksi dalam mendidik dan anak didik dapat belajar dengan perasaan senang dan suka rela
D. TENAGA PENDIDIK
Tenaga – tenaga pendidik berasal dari beberapa disiplin ilmu yang Insya Allah dapat menjalankan amanah, tidak hanya sebagai pendidik. Dapat juga sebagai pembimbing, sebagai orang Tua bahkan sebagai sahabat bagi anak didik.
E. FASILITAS
1. Buku paket dan buku pelajaran
2. Seragam
3. Ruang belajar memenuhi syarat
4. Sarana bermain ( luar dan dalam kelas )
5. Pemeriksaan kesehatan tubuh dan gigi
F. ALAMAT SEKOLAH
Kelompok Bermain HARAPAN KITA JL. Bangko Kerinci KM.40 Muara Panco Barat Kecamatn Renah Pembarap Kabupaten Merangin Kode Pos 37361